PEMERINTAH KOTA DIDESAK MELAPOR KE POLISI
Dewan Diminta Keluarkan Rekomendasi Ganti Rugi, Tim Gakkum KLH SulSel: Air Bercampur Solar Masih Diuji

By Sri Putrida 28 Jan 2019, 15:23:56 WIB Seputar Berita DPRD
PEMERINTAH KOTA DIDESAK MELAPOR KE POLISI

 

Parepare, Rabu, 16 Januari 2019

Kasus tumpahnya solar di Perairan Parepare, sekitar Cempae, Kecamatan Soreang, masih berlanjut. Rencananya, hari ini, Rabu 16 Januari 2019, DPRD Parepare akan melakukan Rapat Dengar Pendapat dengan Pihak Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Parepare.

Rapat Dengar Pendapat dilakukan, setelah pengurus Pemuda Pancasila Parepare melayangkan surat ke DPRD untuk dilakukan hearing. Anggota Komisi III DPRD Parepare, Andi Muh. Fudail, SE yang dihubungi, kemarin membenarkan pelaksanaan Rapat Dengar Pendapat terkait tumpahan solar di perairan Parepare. Telah dijadwalkan besok (hari ini), Rabu, 16 Januari 2019, ungkap Bapak Andi Muh. Fudail, SE.

Ketua MPC Pemuda Pancasila Parepare, Fadly Agoes Mante mengaku akan terus mengawal kasus tumpahan solar yang akan berdampak pada pencemaran lingkungan. Kasus ini akan terus kami kawal. Kita suda cek lokasi tempat tumpah solar. Ini ada indikasi, katanya.

Awink sapaan akrab fadli agus mante mengaku telah melayangkan surat DPDR untuk difasilitas dalam pelaksanaan rapat dengar pendapat (hearing) dengan pihak pertamina dan pihak terkait lainnya terkait tumpahan solar tersebut. Kita suda ada penyampaian dari DPRD, kalau sudah dijadwalkan hearing, katanya.

Menurutnya, ada dua entri poin yang akan disampaikan dalam hearing.yakni mendesak pemerintahan kota (pomkot) parepare segera untuk mengambil upaya nyata dan tegas untuk melaporkan ke penegak adanya indikasi kejahatan lingkugan akibat tumpahan solar itu. Untuk DPRD mengeluarkan rekomendasi ganti rugi bagi warga sekitar yang terdampak. Kami minta DPRD agar menghadirkan pihak-pihak yang terkait, khususnya pertamina. Termasuk KSOP agar bisa dilakukan konfrontir, tandasnya.

Sementara tim gakkum kementrian lingkugan hidup (KLH) selsul, amil mengatakan, tumpahan minyat yang berada di luat cempae masi dalam penyelidikan, dan uji laboratorium. Masi dalam proses penyelidikan, serta sampelnyan masi dalam uji lab, ungkapanya.

Kepala lab Dinas Lingkugan Hidup (DLH) Parepare, H. Ali yang dihubungi terpisah, Selasa kemarin, mengaku belum melihat hasil uji lab, Inysa Allah besok (hari ini) baru tiba di  Parepare dari luar daerah, katanya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment